Jumat, 07 April 2017

Poffertjes



Rebake Poffertjes resep mba Diah Didi. 

Lempeng Pisang

 


Kalo sebelumnya tentang tostones , yang ini masih berbahan dasar pisang juga, tapi versi kampung halaman tercinta Amuntai , Kalimantan Selatan dan Kalimantan umumnya.
Apaan sih ya, segala lempeng pisang dibahas. Eits sorry guys, buat saya,  ini wadai Banjar agak tricky gitu bikinnya. Kalo salah komposisi,  lempengnya bisa jadi keras. Padahal si Junnah wanti-wanti, kalo bikin lempeng ga boleh keras.

Saya udah nyoba berbagai komposisi (  karena kue ini diajarkan turun temurun tanpa panduan resep pasti, pake feeling semua, emang sakti ya orang zaman dulu itu ).
Yaaaah kadang oke, kadang nanggung, kadang gagal. Salahnya saya, pas bikin malas nyatet bahannya, jadi kalopun sukses, bikin berikutnya ga ada jaminan bakal sukses lagi. Padahal kue ini favoritnya Junnah dan Syihab. Kue lain bakal tersisihkan kalo ada si lempeng ini. .
Naaaah terakhir bikin kemaren saya bela2in nyatet komposisi bahannya. Hasilnya sih enak dan lembut, manisnya pas. 
Kurang lebih begini ni : 
1 cup tepung terigu protein tinggi
2 sdm gula pasir
1 sdm susu bubuk ( optional, biar gurih aja )
sedikit garam 
1 butir telur
3/4  cup air 
Pisang tentunya. Kemaren saya pake pisang uli, 1 sisir yg kecil2.
.
Caranya :
Aduk semua bahan kering, masukkan air bertahap. Lalu masukkan juga telur, aduk rata sampe licin.
Istirahatkan adonan sekitar 30 menit. Lalu masukkan pisang yang sudah dipotong2.
Masak di pan yg diberi sedikit minyak. Hingga matang. Jangan lupa dibalik ya.

Setelah matang oles permukaan yg bagian atas dengan sedikit margarin. Hmmmmm wangiiiii.

Idealnya pake pisang talas . Tapi pisang uli atau ambon pun oke juga. Kalo kepepet pisang kepok yg betulan matang dan manis juga hayuk aja. 

Rabu, 22 Maret 2017

Tostones





Tostones atau patacones , ternyata adalah pisang ( yang saya tangkap sih pisang mengkal ) penyet yang digoreng 2 kali. Jadi ingat Sanggara Peppe deh .

Gorengannya orang Puertorico , Guuatemala , Nicaragua Cuba , Dominican Republic dan  Venezuela . Di Honduras  dikenal dengan nama Tajadas . Kalau di Cuba namanya  adalah Tachinos atau Chatinos , kalo di Republik Dominika namanya adalah Fritosverdes , di Haiti namanya adalah Bananespez√©  dan  Patacones untuk kawasan Colombia , Panama, Peru , Venezuela , Costarica  dan Ecuador .

Cara bikinnya gampang insyaa Allaah, hanya pisang mengkal ( masih keras ) yg sudah dikupas, trus dipotong agak tebal. Lalu digoreng sampe agak kuning, lalu di angkat dulu dan ditiriskan. Trus di penyet. Mereka punya alat khusus sih, namanya Tostonera . Tapi saya penyet pake pantat cobek kayu. Sama aja hasilnya. Trus digoreng sampe garing, tp tengahnya masih ada lembutnya gitu ( yg saya bikin ). Makannya dengan ditabur garam halus. Dah gitu aja.

Enak ?... enaklaaaah. Cobain deh

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...